Kamis, 16 Januari 2020

TARLING DI NEGARA INDONESIA
Di Negara Indonesia ini merupakan Negara yang terdiri dari beberapa suku ,bangsa, adat istiadat,bahasa daerah, dan kesenian daerah yang masing-masing memiliki ciri khas tersendiri. Ciri khas tersebut disetiap provinsi memiliki nilai-nilai filosofi yang berbeda dengan yang lainnya.
Indonesia ini sangat kaya dengan kebudayaan atau keseniannya, banyak daerah-daerah yang memiliki kesenian tersendiri.
 Di daerah Cirebon khususnya memiliki kesenian tarling diidentikan dengan perpaduan dua buah instrument yang merupakan akronim dari itar atau yang biasa gitar dan suling yang bisa kita sebut dengan seruling.
Tarling ini adalah perpaduan seni musik dan drama dalam musik tarling ini lebih diindentikan dengan sebutan tarling klasik atau tarling asli. Koposisi lagu-lagu tarling pada dasarnya merupakan modifikasi dari sebuah kesenian gamelan yang diciptakan dan dimainkan dalam laras pelog maupun laras slendro, misalnya kiser saedah, dermayonan dan cirebonan.
Kesenian tarling merupakan kesenian yang masuk dalam golongan seni campuran antara musik dan drama . dalam permainan kesnian tarling menggunakan alat-alat musik yang terdiri gitar dan suling, lalu ditambahkan pula alat musik seperti gendang dan gong sebagai kelengkapan pembantu di suatu pergelaran tarling atau pementasan tarling .
Tarling tidak hanya untuk masyarakat Indonesia saja, dari manca Negara pun bisa untuk belajar tarling, tarling mama djana pernah di datangi dari Negara California untuk belajar tarling di sanggar mama djana. Tarling yang sudah mewabah ke manca Negara ini membuat kesenian ini banyak digemari.
Bukan hanya orang dewasa saja yang tertarik dan ingin berlatih tarling. Tetapi anak-anak pun juga tertarik pada kesenian tarling yang menggunakan alat musik gitar dan suling ini.
Pertunjukan tarling juga sering sekali dikenal dengan tradisi saweran . sebuah tradisi dimana penonton memberikan uang kepada pesinden karena hal tersebut mencerminkan moral yang kurang baik maka proses maweran kemudian diubah dengan cara memberikan uang kepada pesinden melalui perantara kotak atau diberikan ke tangan pesinden.
Kesenian tarling ini hampir punah karena mulai tergeser dengan musik-musik pop. Seharusnya kesenia tarling ini bisa dijaga kelestariannya agar tidak mengalami punah.
Kesenian ini merupakan identitas dari masing-masing daerah , sehingga kesenian ini wajib dilestarikan. Karena kesenian itu harus dikembangkan kembali agar masyarakat atau nilai-nilai kesenian ini.
Lantuan melodi tarling ini terpadu oleh dengan suara gamelan dan suling terdengar syahdu dan merdu. Karena melodinya yang sangat klasik dan berirama merdu ini banyak di minati warga yang mendengarkannya.
Tarling juga sering kali di undang untuk mengisi acara pesta, atau hajatan dan lainnya karena musik klasik ini cocok untuk acara resmi dan nonresmi. Musik tarling adalah kesenian warga pesisir utara .
Kebudayaan kesenian musik tarling memahi nilai dan pesan moral tarling melalui sudut pandang peduduk asli atau pelaku kesenian musik tarling. Nilai-nilai yang terdapat dalam kesenian musik tarling diantaranya ada empati. Empati dalam kesenian musik tarling ini merupakan komponen yang mampu merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain rasakan. Jadi, empati pada nilai-nilai nya yang terdapat didalam kesenian tarling ini tidak hanya merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain tetapi juga mampu memahami dan memberikan pengaruh kepada orang lain. Perasaan empati adalah keyakinan bahwa kesenian tarling tidak akan hilang. Karena musik ini adalah musik tradisional yang harus dikembangkan dan dilestarikan .
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

INSTAGRAM

YOUTUBE

Diberdayakan oleh Blogger.