Minggu, 26 Januari 2020

Tarling dan ibu hamil

Assalamualaikum WR. WB

Percaya atau tidak memang begitu adanya,  bahwa tarling itu baik bagi kesehatan ibu hamil.
Tarling, dikenal sebagai salah satu peninggalan budaya yang artsy dan masih sangat digandrungi oleh sepertiga wilayah Jawa Barat. Tarling merupakan kesenian khas daerah Cirebon, Kuningan, Indramayu, bahkan telah merambah ke daerah-daerah disekitarnya. Tarling adalah sebuah seni musik yang dipadukan dengan gamelan, seruling yang dimainkan dengan tempo apik sehingga mampu membuat siapapun yang mendengar bisa menikmati gaya musik yang artsy itu.
Dalam beberapa acara kemasyarakatan, terutama daerah khas Tarling, kesenian Tarling pasti tidakk akan terlewatkan untuk ditampilkan dan dinikmati oleh masyarakat. Baru-baru ini setelah adanya reset penelitian pada tahun 2015 oleh Kementerian Kesehatan Kabupaten cirebon, tarling bukan hanya sebagai media hiburan semata. Tarling juga bisa digunakan sebagai media peningkatan pengetahuan terhadap ibu hamil.
Mengingat salah satu fungsi tarling sebagai sarana kreativitas dan inovatif seni budaya serta sarana atau media penyampaian berbagi pesan pembangunan, baik pembangunan fisik, kesehatan maupun pembangunan mental spiritual, maka budaya ini tepat jika dijadikan metode dan media yang inovatif di dalam penyampaian informasi atau materi yang diberikan pada pelaksanaan kelas ibu hamil di Kabupaten Cirebon, agar setiap ibu mudah menerima dan mengingat materi yang diberikan. Selain ibu, keluarga dan masyarakat lainnya pun dapat dengan mudah mengetahui materi pada kelas ibu hamil, dengan mengalunkan seni budaya tarling.
Saliman pada Tahun 2007, menyatakan bahwa pemanfaatan budaya lokal yang digunakan sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan keaktifan proses belajar mengajar, hal itu dapat dilihat pada keaktifan untuk bertanya dan berpendapat, selain itu, pemanfaatan budaya lokal sebagai media pembelajaran pun dapat meningkatkan pengetahuan peserta didik yang terbukti dengan meningkatnya prestasi akademik.

Bagi Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, hendaknya mengambil kebijakan dalam penggunaan media tarling Cirebonan sebagai media berbasis budaya lokal, yang merupakan media pembelajaran inovatif untuk melengkapi media yang sudah ada. Media tersebut dapat diterapkan pada kelas ibu hamil, maupun sebagai media penyampaian pesan kesehatan ibu dan anak kepada keluarga dan masyarakat, sehingga dapat meningkatkan pengetahuan ibu.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

INSTAGRAM

YOUTUBE

Diberdayakan oleh Blogger.